SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Etnomatematika pada Aktivitas Jual Beli di Pasar Tradisional Banyurip Kota Pekalongan
Budaya dan Pendidikan adalah dua variabel yang saling terkait. Salah satu terobosan dalam pendidikan matematika adalah penggunaan pembelajaran berbasis budaya. Banyak masyarakat atau suku dengan budaya tertentu tanpa sadar telah memanfaatkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan matematika kelompok budaya ini dikenal sebagai etno-matematika. Salah satu praktis matematis dalam budaya yang sering dilakukan adalah aktivitas jual beli. Pasar merupakan tempat sering dilakukannya aktivitas transaksi jual beli. Seperti halnya aktivitas jual beli masyarakat Pekalongan di Pasar Tradisional Banyurip.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana aktivitas etnomatematika yang mendasari aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Banyurip Kota Pekalongan?, dan 2) Bagaimana konsep matematika yang mendasari aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Banyurip Kota Pekalongan?. Berangkat dari rumusan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas etnomatematika dan konsep matematika yang mendasari aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Banyurip Kota Pekalongan.
Data yang diperoleh berupa data kualitatif sedangkan sumber data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari empat narasumber yang mengetahui dan terjun langsung pada aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Banyurip. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman wawancara, dokumentasi, dan pedoman observasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dengan cara membandingkan dan mengecek sumber data, dan data dianalisis secara kualitatif-deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aktivitas jual beli di Pasar Tradisional Banyurip Kota Pekalongan diperoleh: 1) Aktivitas etnomatematika berupa aktivitas membilang dan aktivitas mengukur, dan 2) Konsep matematika pada penelitian ini terfokus pada konsep aritmetika sosial. Berdasarkan temuan selama penelitian diketahui bahwa pada aktivitas jual beli di Pasar Banyurip Kota Pekalongan terdapat praktik konsep aritmetika sosial, namun konsep yang diterapkan mempunyai beberapa perbedaan jika dipadankan dengan konsep aritmetika dalam keilmuan matematika.
23SK2326165.00 | SK TM 23.165 NAJ s | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain