SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penyajian Data Kelas VII SMP Negeri 1 Batang
Rendahnya hasil belajar matematika siswa yang disebabkan oleh beberapa aspek seperti pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa pasif di kelas yang menyebabkan hasil belajar cukup rendah. Sehingga dibutuhkan sebuah inovasi ketika pembelajaran matematika di kelas, tujuannya agar siswa berada dalam lingkungan yang mudah serta menyenangkan untuk menyerap materi dengan proses belajar yang tepat dan mengasah kemampuan mereka dengan maksimal.
Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penyajian data kelas VII SMP Negeri 1 Batang?. Tujuan penelitian ini ialah guna melihat pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing pada hasil belajar siswa ketika mata pelajaran matematika materi penyajian data kelas VII SMP Negeri 1 Batang.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment nonequivalent control group design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang, dengan sampel siswa kelas VII E sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sejumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan uji Independent Sample T-test untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji hipotesis terhadap nilai post-test masing-masing kelas menggunakan Independent Sample T-test yang menunjukkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan perolehan data penelitian di kedua kelas didapati bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen (VII E) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol (VII F). Dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen (VII E) sebesar 76,03 sedangkan perolehan nilai rata-rata kelas kontrol (VII F) sebesar 62,48. Adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi penyajian data kelas VII SMP Negeri 1 Batang.
23SK2326164.00 | SK TM 23.164 ARI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain