SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kandangserang
Rendahnya kemampuan matematika siswa Indonesia secara umum disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal, salah satunya yaitu model pembelajaran yang kurang efektif. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning diasumsikan memiliki kemampuan untuk menggali prestasi belajar siswa. Wawancara pada guru matematika kelas VIII di SMP Negeri 1 Kandangserang menemukan bahwa prestasi belajar matematika siswa termasuk dalam kategori kurang atau rendah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prestasi belajar matematika sebelum dan sesudah penerapan antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kandangserang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel berpasangan berbantu Software SPSS Ver. 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berupa lembar observasi guru yaitu 94,17% dan siswa sebesar 70,25%. Pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki hasil uji signifikansi dan pengajaran konvensional juga dilakukan dengan hasil uji sebesar. Pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandangserang. Pengajaran konvensional tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Kandangserang kelas VIII.
23SK2326156.00 | SK TM 23.156 ROI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain