SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Animasi dan Persepsi Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Reban
Video pembelajaran berbasis animasi merupakan salah satu media yang memiliki beberapa kelebihan bila digunakan dalam pembelajaran yang sulit divisualisasikan seperti konsep matematika. Video pembelajaran dapat merangsang persepsi siswa terhadap matematika karena media video dapat memungkinkan siswa secara keseluruhan menangkap materi yang disajikan. Hal ini disebabkan karena media video mengandung visualisasi yang cukup jelas untuk dimengerti. SMP Negeri 3 Reban pembelajarannya masih menggunakan media konvensional sehingga tidak begitu efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Video Pembelajaran Berbasis Animasi dan Persepsi Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Reban.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Apakah video pembelajaran berbasis animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Reban? 2) Apakah persepsi matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Reban?. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Untuk menganalisis pengaruh video pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Reban.2) Untuk menganalisis pengaruh persepsi matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Reban.
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 3 Reban menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain eksperimen non equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 seswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan instrumen angket persepsi terhadap matematika dan instrumen test (pre-test dan post-test) hasil belajar siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan; 1) terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran matematika berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa VII SMP Negeri 3 Reban. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test nilai post-test, diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000 di mana nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka H_o ditolak dan H_a diterima. 2) Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana pada kolom t menunjukkan nilai t_hitung sebesar 1,842, sedangkan nilai t_tabel untuk taraf signifikansi 5% (db= N-2 untuk N=60) yaitu 2,001. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa t_hitung lebih kecil dari t_tabel (1,842
23SK2326155.00 | SK TM 23.155 NUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain