SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas strategi pembelajaran Quantum Teaching terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan analisa data kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan
Pendidikan dalam pelaksanaannya sangat berkaitan dengan kegiatan atau proses belajar mengajar. Hal ini menjadi tugas sendiri bagi guru untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dengan berdasarkan pada konsep maupun teori yang sesuai sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penyebab kurang tertariknya siswa terhadap pelajaran matematika karena mereka mengalami kesulitan dalam pemecahan beberapa soal. Kesulitan ini dapat disebabkan oleh metode atau pendekatan pengajaran yang digunakan guru kurang tepat. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang lebih efektif serta membuat seluruh siswa termotivasi dan berpartisipasi aktif. Untuk itu, dibuatlah penelitian mengenai “Efektivitas Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Analisa Data Kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan”.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran quantum teaching efektif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan analisa data kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran quantum teaching terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan analisa data kelas VII SMP Negeri 12 Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian true eksperimental design yang berbentuk pretest-posttest control group design dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 58 siswa, dimana 27 siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran menggunakan instrumen non tes berupa lembar observasi dan instrumen tes berupa soal pre-test sebanyak 5 soal dan post-test sebanyak 5 soal uraian.
Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test memperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,029
23SK2326152.00 | SK TM 23.152 TRI e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain