SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh persepsi penerapan metode inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan
Dalam UUSPN No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 20 disebutkan bahwa “Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Dalam pembelajaran matematika, guru dituntut untuk dapat memilih metode pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga hasil pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai. Salah satu cara untuk menciptakan suatu pembelajaran matematika yang efektif dan efisien tersebut adalah dengan menerapkan meode pembelajaran inquiry.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan metode inquiry di kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan, bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan, dan apakah terdapat pengaruh penerapan metode inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan. Tujuan penelitian ini antara lain: untuk menganalisis penerapan metode inquiry di kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan, untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Pekalongan, untuk menganalisis pengaruh penerapan metode inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah: pertama yaitu kegunaan teoritis salah satunya yaitu penelitian ini diharapkan menjadi referensi serta ilmu yang baru di Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kedua terdapat kegunaan praktis salah satunya yaitu bagi siswa diharapkan mampu semakin aktif dalam proses pembelajaran sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan memuaskan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Adapun teknik pengambilan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sedangkan uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Pekalongan dengan nilai thitung = 2,202 dan nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 dan df = 28 yaitu 2,048 yang berarti nilai thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu diperoleh juga nilai R Square sebesar 0,148 jika diubah ke dalam bentuk persen 0,148 x 100% = 14,8% ≈ 15% artinya variabel penerapan metode inquiry berpengaruh sebesar 15% terhadap variabel hasil belajar matematika dimana sisanya yaitu 85% dipengaruhi oleh faktor lain.
23SK2326150.00 | SK TM 23.150 AGN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain