SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari minat belajar siswa kelas XI MIPA pada materi barisan dan deret di MA KH. Syafi'I Pekalongan
Kemampuan komunikasi matematis di Indonesia termasuk dalam kategori rendah. Siswa Indonesia berada di 38 dari 42 negara yang berpartisipasi. Rendah nya kemampuan komampuan komunikasi matematis disebabkan karena kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Selain itu, deret dan barisan adalah faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam penelitian ini, materi barisan dan deret dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa karena materi barisan dan deret paling banyak diaplikasikan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana minat belajar matematika siswa kelas XI MIPA di MA KH Syafi’i Pekalongan pada materi barisan dan deret, 2) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas XI MIPA di MA KH. Syafi’i Pekalongan.
Penelitian ini menggunkan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dari penelitian deskriptif kualitatif penulis mengadakan pengamatan dan menganalisis secara langsung data yang diperoleh dari lapangan. Jenis penelitian kualitatif ini digunakan dengan menerapkan instrumen angket, tes, wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 siswa yang telah dipilih berdasarkan hasil minat belajar rendah, sedang, dan tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian membuktikkan: 1) Siswa dengan minat belajar rendah maka kemampuan komunikasinya rendah, siswa belum mampu mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis, 2) Siswa dengan minat belajar sedang maka kemampuan komunikasinya sedang, siswa kurang mampu mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis, 3) Siswa dengan minat belajar tinggi maka kemampuan komunikasinya tinggi, siswa sudah mampu
mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis.
23SK2326147.00 | SK TM 23.147 AZI a | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain