SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP (Studi eksperimen pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekalongan)
Menurut wawancara awal yang dilakukan peneliti dengan guru matematika SMP Negeri 14 Pekalongan ada beberapa siswa kemampuan berpikir kreatif nya masih sangat rendah terhadap mata pelajaran matematika. sehingga siswa akan merasa kesulitan dan cenderung bosan dalam proses pembelajarannya. Hal ini berdampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa terutama dalam pembelajaran matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekalongan dengan pembelajaran konvensional? 2) Bagaimana tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekalongan dengan model pembelajaran reciprocal teaching? 3) Apakah terdapat pengaruh model reciprocal teaching pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 14 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekalongan dengan pembelajaran konvensional, 2) Menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekalongan dengan pembelajaran reciprocal teaching, 3) Menganalisis pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII SMP Negeri 14 Pekalongan.
Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen untuk mengetahui dampak dari suatu treatment terhadap hasil penelitian. Jenis penelitian kuantitatif ini digunakan dengan menerapkan instrumen tes dan kuesioner. Variabel bebas yang digunakan adalah model reciprocal teaching. sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah kemampuan berpikir kreatif siswa. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu 72 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Pada pengujian hipotesis dilakukan dengan independent sample t-test.
Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata sebesar 58,05 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 25. Tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan pembelajaran reciprocal teaching mendapatkan nilai rata-rata sebesar 76,25 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50. Dari uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t-test didapatkan hasil signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000
23SK2326145.00 | SK TM 23.145 KHO p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain