SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar matematika kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan
Dalam proses pembelajaran pendidik harus menggunakan strategi belajar agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah guided inquiry. Sebelum menerapkan model pembelajaran guided inquiry, SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa jenuh, kurang aktif sehingga kurang memahami materi yang diajarkan.
Terdapat tiga masalah yang akan diteliti yakni mengenai bagaimana penerapan model pembelajaran guided inquiry, bagaimana hasil belajar, dan ada tidaknya pengaruhnya penerapan model pembelajaran guided inquiry dan hasil belajar kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan metode pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar matematika kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu metode guided inquiry (X) dan hasil belajar (Y). Kegunaan penelitian ini untuk mempersiapkan calon pendidik agar dapat mencapai proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto yang artinya variabel metode inquiry tersebut sudah terjadi yakni penerapan metode inquiry ini sudah diterapkan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dan teori Suharsimi A dengan hasil jumlah sampel yang diambil sebanyak 25 sampel. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan penggunaan SPSS 28,0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar matematika kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Dilihat dari nilai thitung = 7,039 > nilai ttable = 2,068, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan metode inquiry ini memiliki pengaruh yang nyata terhadap hasil belajar tersebut.
23SK2326142.00 | SK TM 23.142 FIT p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain