SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Implementasi model pembelajaran Cooperative learning tipe cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 03 Pekalongan
Dari observasi awal peneliti sebelum melakukan penelitian diketahui bahwa bahwa masalah terbesar siswa dalam pembelajaran matematika terletak pada pemecahan masalah matematika. Siswa cenderung menghafal rumus, bukan memahami konsep, dalam menghadapi soal siswa langsung berpikir untuk menggunakan algoritma atau rumus, bahkan rumus yang lebih singkat akan lebih digunakan daripada cara lain yang lebih panjang. Jadi hasil atau jawaban lebih dipentingkan, sedangkan proses diabaikan baik itu disengaja atau tidak disengaja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VII SMP Negeri 03 Pekalongan dan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 03 Pekalongan.
Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, desain yang digunakan adalah quasi-eksperimen. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas control SMP Negeri 03 Pekalongan, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Adapun teknik pengambilan data berupa observasi dan tes, dan teknik analisa data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independent samples t test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dinyatakan berhasil dengan bukti pada lembar hasil observasi 100% terlaksana dan berdasarkan tabel skor peningkatan kelas kontrol diperoleh total skor sebesar 389 dengan rata-rata 12,15625 sedangkan pada tabel skor peningkatan kelas eksperimen diperoleh total skor 402 dengan rata-rata 12,5625. Hal tersebut menunjukkan bahwa total dan rata-rata skor kelas eksperimen mengalami peningkatan dibandingkan kelas kontrol sehingga model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terbukti efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 03 Pekalongan.
23SK2326141.00 | SK TM 23.141 EVI i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain