SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning Terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VII MTs YMI Wonopringgo
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media pembelajaran. Model pembelajaran Project Based Learning diharapkan dapat menjadikan siswa lebih antusias dan mengefektifkan serta mengoptimalkan pembelajaran, sehingga mata pelajaran matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan akan dikemas menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan ? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs YMI Wonopringgo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB di MTs YMI Wonopringgo dengan jumlah 71 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil perhitungan uji-t yang sudah dianalisis bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dilihat juga rata-rata hasil nilai post test kelas eksperimen (88,00) lebih besar daripada kelas kontrol (43,64). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs YMI Wonopringgo.
23SK2326140.00 | SK TM 23.140 NIN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain