SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMK Muhammadiyah Pencongan
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMK Muhammadiyah Pencongan Pekalongan masih dikatakan rendah sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) merupakan proses pembelajaran yang mana mempunyai perspektif dominan yang terfokus bagimana memperoleh, menyimpan, kemudian memproses apa yang telah dipelajarinya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimamna kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review)? 2) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan konsep matematis siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review), 2) menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah Pencongan Pekalongan dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimentasi) dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, instrument tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebanyak 5 soal untuk pre-test dan post-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) di SMK Muhammadiyah Pencongan berada pada interval 80 sampai 100 dengan kriteria sangat baik. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini dibuktikan dari data hasil mean posttest kelas eksperimen yakni 80,19 dan mean posttest kelas kontrol yakni 59,94 terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol.
23SK2326138.00 | SK TM 23.138 NUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain