SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika melalui variabel minat baca di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat
Kendala peserta didik dalam mengerjakan soal matematika adalah Kemampuannya dalam memecahkan soal cerita. Agar peserta didik bisa menjawab soal cerita dengan benar maka harus soal di baca dengan teliti. Keadaan minat baca dari peserta didik melemah di era modern karena ada pengaruhnya dengan tingginya penggunaan gawai. Penggunaan gawai juga bisa mempengaruhi secara langsung kemampuan pemecahan soal cerita matematika. Untuk itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Cerita Matematika melalui Variabel Minat Baca di Kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat.
Adapun tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap minat baca di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. 3) Untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat. 4) Untuk mengetahui pengaruh minat baca sebagai medisi pemakaian gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al – Islamiyah Jakarta Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan gawai memiliki pengaruh signifikan terhadap minat baca di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat dengan hasil koefisien nilai thitung sebesar -6,552, signifikansi 0,000 dan Koefisien regresi sebesar -0,824 juga nilai hubungan korelasi sebesar 53%. 2) Penggunaan gawai memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat dengan hasil koefisien nilai thitung sebesar -9,534, signifikansi 0,000 dan Koefisien regresi sebesar -1,037 juga nilai hubungan korelasi sebesar 70,5%. 3) Minat baca memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat dengan hasil koefisien nilai thitung sebesar 5,415, signifikansi 0,000 dan Koefisien regresi sebesar 0,720 juga nilai hubungan korelasi sebesar 43,6%. 4) Minat baca tidak bisa memediasi penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika di kelas XI Madrasah Al-Islamiyah Jakarta Barat di tunjukan dengan nilai hasil pengujian bahwa nilai penggunaan gawai terhadap minat baca pada -thitung < -ttabel (-6,552 < -2,026) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). dan nilai penggunaan gawai terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika pada -thitung < -ttabel (-5,921 < -2,026), dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Akan tetatapi, nilai minat baca terhadap kemampuan pemecahan soal cerita matematika pada thitung < ttabel (0,797 < 2,026), dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,431 > 0,05). Adapun saran yang diberikan oleh peneliti agar guru untuk memerhatikan dan mengendalikan peserta didik terhadap intensitas penggunaan gawai dan dapat memotivasi peserta didik untuk gemar memebaca. Dengan meningkatnya minat baca dan menurunya penggunaan gawai agar nantinya dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menjawab soal cerita matematika dengan baik dan benar.
23SK2326136.00 | SK TM 23.136 MUH p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain