SKRIPSI KPI
Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Dakwah Virtual (Studi Kasus Kun Tiktok Ustadz Syamsuddin Nur Makka)
Evolusi perkembangan teknologi informasi dewasa ini memberikan manfaat bagi masyarakat di seluruh dunia dalam berbagai bidang. Tak luput, evolusi dalam dakwah Islam. Keunggulan yang ditawarkan oleh internet telah dimanfaatkan oleh da’i (pendakwah) dalam menyebarkan pesan dan ilmu (dakwah) Islam. Ditinjau dari segi psikologis, hiburan yang mengandung keseruan serta terobosan baru seperti Tiktok menjadi daya tarik yang emosional bagi audiensnya. Dengan pengaruhnya terhadap emosional pengguna. Pemanfaatan Tiktok dapat mendorong pengguna untuk menikmatinya dan merasa senang dengan berbagai tampilan menarik didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konten dakwah Ustadz Syam pada Akun @syam-elmarusy dan bagaimana metodenya, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori analisis isi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pemanfaatan Tiktok sebagai Media dakwah virtual pada rumusan masalah yang peneliti analisis yaitu pertama: konten dakwah Ustadz Syam pada Akun Tiktok @syam_elmarusy pada 9 konten yang dianalisis mengandung Aspek Aqidah, Akhlak, dan Syariah Pada rumusan masalah kedua mengenai metode dakwah Ustadz Syam ditemukan kesimpulan bahwasanya dalam dakwah pada Akun @syam-elmarysi menggunakan 2 metode, yaitu Dakwah bil Lisan dan Dakwah bil Qalam.
23SK2334077.00 | SK KPI 23.077 ALF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain