SKRIPSI KPI
Implementasi Dakwah Persuasif Melalui Program VOX POP pada Channel youtube '" Kata Ustadz " Bersama Habib Husein Ja'far Al-Hadar
Kurangnya kedekatan antara da’i dengan mad’u, kerap menjadi sebuah problematika ketika berdakwah di dalam media sosial. Seringkali masyarakat di media sosial mengambil atau menyimpulkan suatu materi konten dakwah tidak secara utuh atau hanya potongan-potongan video dan lain sebagainya, sehingga materi kajian dakwah di media sosial sering tidak selaras. Hal ini menjadi perhatian penulis untuk melakukan penelitian dengan judul Implementasi dakwah persuasif melalui program vox pop pada Channel Youtube Kata Ustadz bersama Habib Husein Ja’far. Peneliti melakukan penelitian di dalam channel Youtube Kata Ustadz bersama Habib Husein Ja’far. Adapun rumusan masalahnya, yakni: (1) Bagaimana materi dakwah Habib Husein Ja’far melalui program vox pop pada channel Youtube Kata Ustadz? (2) Bagaimana implementasi dakwah persuasif Habib Husein Ja’far melalui program vox pop pada channel Youtube Kata Ustadz? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana materi dakwah yang dilakukan Habib Husein Ja’far melalui program vox pop pada channel youtube Kata Ustadz. (2) Mendeskripsikan bagaimana implementasi dakwah persuasif yang digunakan oleh Habib Husein Ja’far pada channel youtube Kata Ustadz. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis) dan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode penelitian kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu (1) materi dakwah dalam program vox pop pada channel youtube Kata Ustadz pada 3 tema video dakwah terdapat 3 kategori materi dakwah kesalehan individu, kesalehan sosial, dan manajemen qolbu. (2) implementasi dakwah persuasif yang digunakan Habib Husein Ja’far pada channel youtube Kata Ustadz ditemukan kesimpulan bahwasanya terdapat metode-metode persuasif yang digunakan, diantaranya: metode partisipasi, metode asosiasi, metode icing device, metode pay-off idea, metode fear-arrousing
23SK2334072.00 | SK KPI 23.072 SIT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain