SKRIPSI KPI
Softy Selling Berbalut Komodifikasi Agama (Studi Analisis Semiotik Terhadap Iklan Skincare Kahf)
Saat ini, industri pasar muslim diwarnai dengan munculnya produk-produk yang mengklaim sebagai yang paling baik (tayyib), sesuai standar pasar, bahkan sesuai dengan syariat Islam. Fenomena ini semakin diperkuat dengan meluasnya iklan-iklan yang tiba-tiba mengadopsi nuansa religius di berbagai media massa, dengan menunjukkan adanya komodifikasi Agama Islam dalam iklan tersebut. Dengan perkembangan media massa saat ini YouTube telah menjadi salah satu media pemasaran bagi berbagai merek dan bisnis. YouTube dianggap sebagai platform yang dapat memberikan feedback dengan cepat. Dalam konteks ini, bisnis digital di Indonesia kini menjadi pasar yang menjanjikan, terutama di sektor bisnis digital. Iklan yang disajikan dengan menggunakan strategi soft selling menjadi salah satu pendekatan yang cocok karena startegi ini dapat membantu ikatan emosional yang lebih dalam antara merek dan konsumen. Pemanfaatan momen, tren, dan kondisi sosial yang ada, serta penggunaan elemen agama dalam iklan dapat membuat iklan Kahf terlihat menarik. Fenomena ini dimanfaatkan pelaku produsen untuk mengkomodifikasi iklan menggunakan elemen agama demi memenuhi kepentingan komersial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana konsep dan implementasi soft selling yang dikemas dalam komodifikasi agama dalam iklan skincare Kahf berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan menggunakan perspektif analisis semiotik Roland Barthes. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, dan data tersebut dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan skincare Kahf memanfaatkan komodifikasi agama melalui pendekatan soft selling untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hasil penelitian ini menunjukan adanya komodifikasi Agama yang ada di dalam iklan skincare Kahf. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama dan simbol- simbol agama dalam promosi. Produk ini sukses membuat dampak yang signifikan dalam mempengaruhi persepsi konsumen sehingga meningkatkan kepercayaan konsumen dan memengaruhi keputusan pembelian.
23SK2334071.00 | SK KPI 23.071 LUL s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain