SKRIPSI BPI
Implementasi Konseling Individu Berbasis Islami Dengan Teknik Muhasabah Diri Untuk Mengatasi Akhlakul Madzmumah Siswa MTS Rifaiyah Kesesi
Latar belakang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan siswa yang memiliki akhlakul madzmumah (akhlak yang buruk) seperti : perilaku membolos, bullying, perkelahian antar pelajar dan sikap mengganggu di kelas yang dilakukan oleh siswa di MTs Rifaiyah Kesesi, yang mana tidak mencerminkan seorang siswa yang terdidik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama, Bagaimana Implementasi konseling individu berbasis islami dengan teknik muhasabah diri untuk mengatasi akhlakul madzmumah siswa MTs Rifaiyah Kesesi. Yang kedua, Bagaimana gambaran akhlak siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan konseling individu berbasis islami dengan teknik muhasabah diri untuk mengatasi akhlakul madzmumah siswa MTs Rifaiyah Kesesi. Sehingga diperoleh tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi konseling individu berbasis islami dengan teknik muhasabah diri untuk mengatasi akhlakul madzmumah dan untuk mengetahui gambaran akhlak siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individu berbasis islami dengan teknik muhasabah diri untuk mengatasi akhlakul madzmumah siswa Mts Rifaiyah Kesesi. Penelitian ini merupakan field research yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menggunakan jenis analisis data yaitu reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pelaksanaan konseling individu berbasis islami dilakukan dengan tiga tahap yaitu : tahap awal, tahap kerja, dan tahap akhir. Tahapan tersebut dilakukan oleh guru BK terhadap siswa yang memiliki permasalahan akhlak dengan menggunakan teknik muhasabah diri. (2) Gambaran akhlak siswa sebelum diberikan layanan konseling individu berbasis islami adalah seperti perilaku membolos, perilaku terlambat, bullying, perkelahian antar pelajar dan sikap mengganggu di kelas saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Gambaran akhlak siswa setelah diberikan layanan konseling Islami dengan teknik muhasabah diri adalah siswa-siswa tersebut sudah tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama, menjadi lebih disiplin, serta memiliki perilaku dan tutur bahasa yang sopan terhadap guru dan orang yang lebih tua.
23SK2335052.00 | SK BPI 23.052 RAH i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain