SKRIPSI BPI
Efektifitas Penyuluhan Islam Anti Bullying Untuk Mengurangi Bullying Verbal Siswa/Siswi SMP Sains Cahaya Al Qur'an Kota Pekalongan
Bullying merupakan salah satu tindakan perilaku agresif yang disengaja dilakukan oleh seseorang atau kelompok secara berulang-ulang dan dari waktu ke waktu, terhadap seseorang yang lebih lemah serta tidak dapat mempertahankan dirinya dengan mudah. Pelaku tindak bullying biasanya melakukan tindak mengintimidasi atau mengejek (verbal) temanya samapai membuat temanya jengkel atau lebih parahnya pelaku akan menggunakan kekerasan fisik (non verbal) dalam mengintimidasi temanya. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode kuantitatif adalah penelitian yang menyajikan hasil penelitian berupa daya dan angka yang kemuadian dapat dijelaskan dalam bentuk kata. Ciri utama dari metode penelitian kuantitatif adalah menggunakan model matematis, dengan teori dan hipotesis yang berhubungan dengan fenomena masyarakat Desain penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah desain penelitian eksperimen dengan metode pre-eksperimen one group pre test post test design, metode ini berfokus pada pemberian perlakuan tanpa melakukan kontrol pada variabel yang berpengaruh, dan juga pada penelitian ini hanya terdapat satu kelompok eksperimen saja dan tanpa menggunakan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman tentang Bullying Verbal untuk siswa kelas VIII SMP Sains Cahaya Al-quran setelah diberikan perlakuan terdapat perbedaan skor. Selisih rata-rata pretest dan posttest adalah 11,4. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang dilakukan dengan Sofware program komputer SPSS 25 diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig. (2-tailed) = 0,000.
23SK2335045.00 | SK BPI 23.045 DEW e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain