SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Membaca Al Qur'an Menggunakan Media Braille Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Al Qur'an Siswa Tunanetra Kelas IX A di SLB Negeri Pemalang
Bimbingan membaca al-Qur’an merupakan suatu proses pemberian bantuan membaca dan memahami tulisan yang ada dalam al-Qur’an yang diberikan oleh seseorang yang memiliki kemampuan mengajarkan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, melalui layanan agar ia mampu mengembangkan kemampuan potensinya secara optimal dan dapat mereduksi dan mengatasi kemungkinan terjadinya kesulitan membaca yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan keberhasilan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Kondisi Pelaksanaan Bimbingan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Media Braille Siswa Tunanetra? 2) Apakah Mempercepat Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Tunanetra? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan bimbingan membaca al-qur’an braille siswa tunanetra. 2) Untuk mengetahui apakah mempercepat kemampuan membaca siswa tunanetra setelah mengikuti pelaksanaan bimbingan membaca al-qur’an menggunakan media braille di SLB negeri 1 Pemalang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu Miles and Huberman yang dibagi menjadi tiga tahap yakni pegumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan, Pelaksanaan Bimbingan Membaca al Qur’an Menggunakan Media Braille Untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Siswa Tunanetra di SLB Negeri 1 Pemalang bahwa Pelaksanaan bimbingan membaca al-Qur’an menggunakan media Braille membantu siswa untuk mampu membaca al-Qur’an sehingga tunanetra dapat membaca al-Qur’an seperti anak normal pada umumnya dalam hal membaca al-Qur’an. Siswa Tunanetra bisa mempercepat kemampuan membacanya selain mempercepat kemampuan membacanya siswa tunanetra juga bisa menjadi penghafal al-Qur’an.
23SK2335044.00 | SK BPI 23.044 DIN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain