SKRIPSI BPI
Strategi Bimbingan Agama Islam dalam Membentuk Motivasi Belajar Membaca Al Qur'an pada Lansia di Rumah Padepakan Al Hastiya Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di Rumah Padepokan Al-Hastiya Pekalongan, Lansia yang berada di Rumah Padepokan Al-Hastiya Pekalongan memiliki motivasi belajar membaca al-Qur’an yang rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu, mengalami perubahan pada diri lansia seperti daya tahan tubuh yang melemah, daya ingat menurun, serta penglihatan dan pendengaran yang mulai terganggu. Faktor lain yang mempengaruhi kemampuan belajar al-Qur’an pada lansia yaitu keterbatasan waktu keterbatasan waktu sehingga menyebabkan Lansia tersebut jarang menghadiri pengajian rutin dan tahsin al-Qur'an. Berkaitan dengan latar belakang masalah di atas ditentukan rumusan masalah yaitu 1). Bagaimana motivasi belajar lansia dalam membaca al-Qur’an di Rumah Padepokan Al-Hastiya? 2). Bagaimana strategi bimbingan agama Islam dalam membentuk motivasi belajar membaca al-Qur’an pada lansia di Rumah Padepokan Al-Hastiya Pekalongan? Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif pada penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis interaktif melalui langkah reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar membaca al-Qur’an lansia yang awalnya rendah mengalami perkembangan menjadi lebih baik, setelah diberikan bimbingan Islam dengan strategi bimbingan Islam yaitu metode bimbingan langsung dan metode bimbingan tidak langsung oleh pembimbing agama di Rumah Padepokan Al- Hastiya Pekalongan.
23SK2335041.00 | SK BPI 23.041 ALF s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain