SKRIPSI KPI
Studi Komparasi Framing Pemberitaan Kampanye Anies Baswedan di Masjid Baiturrahman Aceh pada Media Online Kompas.Com dan Republika.Com.Id
Kegiatan safari politik Anies Baswedan ke berbagai daerah di Indonesia, banyak yang mengira yang dilakukan Anies tersebut merupakan kegiatan kampanye pemilihan presiden pada 2024 mendatang. Kunjungan Anies Baswedan ke Masjid Baiturrahman Aceh menjadi topik yang hangat diberitakan oleh dua media dengan dua sudut pandang yang berbeda. Media Republika.co.id sebagaimana diketahui merupakan portal media yang agamis (Islami) menyajikan berita kasus tersebut sebagai sesuatu yang wajar karena tidak berpihakannya pada
konsep Islam yang dibawa oleh kelompok Anies Baswedan. Media Kompas.com mengatakan bahwa Anies Baswedan kampanye di Masjid Baiturrahman Aceh itu bukan merupakan pelanggaran secara politik maupun pelanggaran secara etis yaitu menggunakan Masjid sebagai kegiatan kampanye. Dimana Anies Baswedan mempunyai hak untuk melakukan kunjungan ke Aceh dan memberikan edukasi mengenai isu-isu politik kenegaraan serta tidak menjadikan masalah menjadikan Masjid untuk tempat mengedukasi masyarakat Aceh mengenai isu-isu politik. Sedangkan republika co.id tidak setuju dengan apa yang dilakukan oleh Anies Baswedan yang menjadikan tempat ibadah sebagai tempat untuk kampanye politik, yang dilihat melanggar norma-norma agama dengan mengubah fungsi masjid sebagai tempat ibadah menjadi tempat kampanye politik. Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui bagaimana Framing media Kompas.com dan Republika.co.id dalam pemberitaan kampanye politik Anies Baswedan di Masjid Baiturrahman Aceh? Dan bagaimana komparasi Framing pemberitaan kampanye politik Anies Baswedan di Masjid Baiturrahman Aceh di Masjid Baiturrahman Aceh. Dari latar belakang di atas dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan supaya tidak ada kesalapahaman saat mengamati sebuah berita melalui media. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada media Kompas.com dan Republika.co.id edisi Desember 2022 dengan mengambil beberapa sampel pemberitaan kampanye politik Anies Baswedan di Masjid Baiturrahman Aceh pada media online kompas.com dan republika.co.id. Dalam menganalisis permasalahan ini, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis framing, penggunaan teori dalam analaisis ini yaitu teori framing model Robert N Entman. Model Robert N. Entman dibagi menjadi empat konsep yaitu define problem (pendefinisian masalah), diagnose causes (memperkirakan penyebab masalah), make moral judgment (membuat keputusan moral), dan treatment recommendation (menekankan penyelesaian). Hasil penelitian ini yaitu bahwa antara kompas.com dan republika.co.id memiliki frame yang berbeda dalam mengemas pemberitaan terkait kampanye politik Anies Baswedan di Masjid Baiturrahman Aceh. Kompas.com yang lebih menekankan pada sisi hak kebebasan manusia dalam menyampaikan hak politiknya tanpa dibatasi oleh aturan baik secara hukum negara maupun hukum agama. Berlainan dari itu pemberitaan di media republika.co.id yang menekankan norma agama sebagai landasan, tidak membenarkan aktivitas kampanye tersebut karena melanggar baik secara hukum negara maupun hukum agama.
23SK2334046.00 | SK KPI 23.046 FAR s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain