SKRIPSI PBA
Korelasi Penggunaan At-Thariqah As-Sam'iyah As-Syafawiyyah (Metode Audiolingual) dengan Hasil Belajar Siswa Maharah Qiroah Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pekalongan
Metode mengajar adalah suatu cara yang digunakan oleh seorang pengajar dalam suatu proses belajar mengajar. Tanpa dilengkapi dengan metode mengajar yang tepat maka proses belajar mengajar kemungkinan besar akan mengalami kegagalan, dan dapat mempengaruhi hasil dari belajar siswa. Dalam pengajaran bahasa Arab terdapat 4 keterampilan. Dalam penelitian ini yang akan dibahas adalah hubungan antara penggunaan metode audiolingual dengan hasil belajar siswa dengan memfokuskan pada satu keterampilan yaitu keterampilan membaca (Maharah Qiro’ah) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Audiolingual Kelas VIII di MTs Negeri 1 Pekalongan? Bagaimana Hasil Belajar Siswa dalam Maharah Qiro’ah? Bagaimana Korelasi Penggunaan At-Thariqah As-Sam’iyah Asy-Syafawiyyah (Metode Audiolingual) Dengan Hasil Belajar Siswa Maharah Qiroah Kelas VIII Di Madrasarah Tsanawiyah Negeri 1 Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penggunaan metode audiolingual kelas VIII di MTs Negeri 1 Pekalongan, bagaimana hasil belajar siswa dalam Maharah Qiro’ah, dan bagaimana korelasi antara penggunaan Metode Audiolingual dengan Hasil Belajar Siswa dalam Maharah Qiro’ah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic, dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Teknik analisisnya menggunakan rumus analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian diperoleh dari teknik analisis menggunakan rumus analisis korelasi product moment pearson. Penggunaan Metode Audiolingual siswa di Kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan termasuk dalam kategori cukup, karena nilai rata-rata angket sebesar 65 berada di interval 65 – 68 yang termasuk dalam kategori cukup. Hasil Belajar Siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pekalongan termasuk dalam kategori Rendah, karena nilai rata-rata angket sebesar 63 berada di interval 60 – 63 yang termasuk dalam kategori rendah. terdapat hubungan positif yang signifikan antara Metode Audiolingual dengan Hasil Belajar Siswa Maharah Qiro’ah Kelas VIII di MTs Negeri 1 Pekalongan dan memiliki Hubungan yang kuat
23SK2322103.00 | SK PBA 23.103 IRF k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain