SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Construct 2 dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV SD Islam YPI Buaran Kota Pekalongan
Metode pembelajaran bahasa Arab yang sebagian besar masih menggunakan metode ceramah dan hafalan serta kurangnya minat dan motivasi siswa menjadi hambatan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis construct 2 menjadi solusi untuk memudahkan siswa melaksanakan pembelajaran yang menarik dan mandiri. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct 2? 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct 2? 3) Bagaimana efektifitas media interaktif berbasis aplikasi construct 2?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct 2, 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi construct dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV di SD Islam YPI Buaran Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan angket/ kuesioner. Adapun analisis datanya menggunakan metode analisis observasi dan wawancara serta analisis angket/ kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif kosakata Bahasa Arab berbasis aplikasi construct 2. Produk media ini mencakup menu pertama yang terdapat 5 tampilan layar pop up berupa profil pengembang, refrensi aset, petunjuk, KD dan Indikator, serta menampilkan peta konsep. Tampilan menu kedua berupa vidio mufrodat, dan menu evaluasi. Adapun penilaian ahli media memperoleh presentase sebesar 81% dalam kategori sangat layak dan ahli materi memperoleh presentase sebesar 90% dalam kategori sangat layak. Selain itu hasil dari respon peserta didik mendapat presentase sebesar 88% dalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, jika dilihat dari hasil penilaian para ahli dan peserta didik secara keseluruhan maka dapat disimpulkan media pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis aplikasi construct 2 sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
23SK2322102.00 | SK PBA 23.102 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain