SKRIPSI PBA
Implementasi Pembelajaran Kitab Al- Jurumiyyah dalam Memahami Ilmu Nahwu Sntri Pondok Pesantren Az Zabur Kajen Pekalongan
Mempelajari dan memahami ilmu nahwu memang tidak mudah, perlu adanya ketekunan dan ketelitian. Kitab Al-Juru>miyyah menjadi salah satu rujukan Pondok Pesantren Az-Zabur kajen dalam mempelajari ilmu nahwu, namun latar belakang santri yang mayoritas bersekolah di sekolah umum menjadikan santri lebih sulit memahami ilmu nahwu, apalagi kegiatan yang padat lebih banyak di lakukan di luar pesantren karena mayoritas santri dari kalangan mahasiswa. Hal ini perlu dianalisis terkait implementasi pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat yang terjadi di lapangan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beebrapa masalah yaitu: Bagaimana implementasi pembelajaran kitab Al Juru>miyyah di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen Pekalongan? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Al-Juru>miyyah di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen Pekalongan?. Adapun tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Al Juru>miyyah di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen Pekalongan beserta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Al-Juru>miyyah di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen. Dalam kegunaannya penelitian ini diharap bisa menjadi rujukan referensi dalam memahami ilmu nahwu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penulisannya menggunakan data primer dari pondok pesantren Az Zabur Kajen dan data sekunder seperti jurnal dan buku. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kitab Al-Juru>miyyah di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan pembelajaran dengan muthola’ah, menyiapkan jadwal, sowan kepada ustadz dan ustadzah, menyiapkan kitab, menyiapkan buku dan belajar, kemudian pelaksanaan pembelajaran yang diawali dengan tawassul kepada mushonif dilanjut dengan menerangkan materi kitab Al-Juru.
23SK2322101.00 | SK PBA 23.101 IHY i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain