SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Qowaid Wa Tarjamah dalam Pembelajaran Maharah Qira'ah Kitab Kuning di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan
Latar belakang masalah yang ada di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan yaitu banyaknya santri yang mengalami kesulitan dalam membaca dan memahami isi kandungan dalam kitab. Oleh karena itu, maka diterapkannya metode qawā’id wa tarjamah dalam pembelajaran mahārah qirā’ah kitab kuning untuk memudahkan santri dalam membaca, memahami isi kandungan dalam kitab dan memahami tulisannya yang berbahasa Arab. Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana implementasi metode qawā’id wa tarjamah dalam pembelajaran mahārah qirā’ah kitab kuning di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan. (2) Apa implikasi metode qawā’id wa tarjamah dalam pembelajaran mahārah qirā’ah kitab kuning di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah : metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Metode qawā’id wa tarjamah sudah tepat diterapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab yaitu penekanan pada keterampilan berbahasa Arab yang ketiga mahārah qirā’ah. Dalam pembelajaran bahasa Arab mahārah qirā’ah kitab kuning santri pondok pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Kabupaten Pekalongan sudah baik dimana dalam penerapannya di mulai dengan tiga tahapan yaitu pertama perencanaan yang dilakukan dengan menyiapkan tujuan pembelajaran, materi dan media pembelajaran, kedua pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan mengajarkan santri materi yang sudah disiapkan oleh gurunya, ketiga tahap evaluasi yaitu kegiatan yang dilakukan meliputi penilaian tertulis dan tidak tertulis. (2) Implikasi hasil belajar dari metode qawa’id wa tarjamah yaitu santri memperoleh pengetahuan tentang kaidah tata bahasa dan dapat menerjemahkan kata perkata/kalimat perkalimat dalam bahasa Arab, santri memahami isi detail bahasa bacaan yang di pelajari dan mampu menerjemahkan secara benar sesuai kaidah tata bahasa, santri dapat memahami arti yang dimaksud dalam kitab dengan bahasanya sendiri dan penggunaan metode qawa’id wa tarjamah dapat memperkuat kemampuan santri dalam mengingat dan menghafal.
23SK2322096.00 | SK PBA 23.096 NUR I | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain