SKRIPSI PBA
Strategi Pembelajaran Mufradat pada Mata Pelajaran Mutala'ah Santri Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal Tahun Ajaran 2022/2023
Pembelajaran mufradāt merupakan pembelajaran penting dalam mata pelajaran Muṭāla‘ah. Agar mampu memahami teks bahasa Arab yang termuat pada kitab Qirā`atur Rasyīdah maka harus menguasai mufradāt yang ada di dalamnya juga. Akan tetapi santri kelas 4-6 KMI Pondok Modern Darul Arqom Patean memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Tidak semua santri pernah mempelajari bahasa Arab pada jenjang pendidikan sebelumnya, sehingga memberikan dampak permasalahan pada proses pembelajaran Muṭāla‘ah di Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal. Maka dari itu, guru dituntut untuk menerapkan strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk semua peserta didiknya sehingga materi pembelajaran tersampaikan dengan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana strategi pembelajaran mufradāt pada mata pelajaran Muṭāla‘ah santri Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal tahun ajaran 2022/2023? Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran mufradāt pada mata pelajaran Muṭāla‘ah santri Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal tahun ajaran 2022/2023? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis secara interaktif menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran mufradāt yang digunakan oleh guru Muṭāla‘ah di Pondok Modern Darul Arqom Patean Kendal tahun ajaran 2022/2023 di antaranya strategi mencari makna kata (bahṡ ‘an al ma’na), tebak peragaan (takhmīn al-muẓāharah), kata sinonim (murādif), bermain peran (masrahiyyah), dan menggambar. Faktor pendukung pada pelaksanaan strategi tersebut yaitu peran guru, minat peserta didik, dan lingkungan sosial. Adapun faktor penghambatnya yaitu kemampuan memahami tata bahasa Arab, minat peserta didik, dan sarana prasarana belajar.
23SK2322094.00 | SK PBA 23.094 NUR s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain