SKRIPSI PBA
Upaya Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharah Al Kalam Siswa SMP Muhammadiyah Boarding School Bumiayu Brebes
Masalah yang sering ditemui dalam proses pengajaran bahasa Asing, khususnya bahasa Arab adalah kurangya semangat dan motivasi pentingnya belajar bahasa Arab. Bahasa Arab bukan hanya sering digunakan dan diungkapkan dalam berbagai aktifitas sehari-hari, seperti membaca al-qur’an dan doa dalam sehari-hari, namun juga sering digunakan sebagai ungkapan salam dan sebagainya. Akan tetapi dalam kenyataanya, pengajaran bahasa Arab menjadi salah satu pengajaran yang dianggap sulit dan membosankan. Oleh karena itu, guru bahasa Arab harus memiliki peran untuk menerapkan upaya dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam meningkatkan Mahārah al-Kalām sehingga dalam keseharianya dalam menggunakan bahasa Arab dapat terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan Mahārah al-Kalām siswa SMP Muhammadiyah Boarding School Bumiayu Brebes dan untuk mengetahui hasil upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan Mahārah al-Kalām siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa upaya guru bahasa Arab dalam meningkatkan Mahārah al-Kalām siswa seperti dalam Perencanaan untuk dapat mempersiapkan apa saya yang diperlukan pada saat mengajar, lalu Pelaksanaan yang dilakukan seperti apa untuk dapat meningkatkan siswa dalam belajar bahasa Arab, dan Penilaian yang dilakukan itu untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dipelajari.
23SK2322090.00 | SK PBA 23.090 SAL u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain