SKRIPSI PBA
Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIII SMP Islam Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pekalongan. Seperti, peserta didik tidak memiliki antusias yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab karena kurangnya keinginan peserta didik untuk belajar bahasa Arab dan sudah terpengaruh handphone sehingga malas untuk belajar, peserta didik merasa jenuh ketika pembelajaran bahasa Arab karena metode yang digunakan monoton. Selain itu, terdapat peserta didik yang membaca teks bahasa Arab dengan pelafalan masih terbata-bata. Ada juga peserta didik yang merasa kesulitan dalam menulis suatu kata atau kalimat ketika mengerjakan soal yang ada di buku pedoman Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di SMP Islam Pekalongan? (2) Apa saja faktor timbulnya kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di SMP Islam Pekalongan? (3) Bagaimana upaya dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII di SMP Islam Pekalongan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan teori analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami peserta didik kelas VIII yaitu kesulitan membaca teks bahasa Arab, kesulitan menghafal mufradāt, kesulitan saat menerjemahkan teks bahasa Arab, kesulitan menulis huruf Arab saat pembelajaran mendikte (imla’), kesulitan memahami materi yang disampaikan guru terutama materi tarakib, kesulitan saat membuat kalimat sederhana berbahasa Arab, dan kesulitan saat mendengarkan teks bahasa Arab yang dibacakan guru. Selain itu, terdapat pula faktor penyebab timbulnya kesulitan belajar bahasa Arab yang menjadi kendala peserta didik yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun upaya yang dilakukan pendidik dan peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran bahasa Arab.
23SK2322089.00 | SK PBA 23.089 ILM a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain