SKRIPSI PBA
Pengembangan Board Game Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Materi Al Mihan Kelas VIII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Kurangnya variasi metode pengajaran dan kurangnya penggunaan media pembelajaran saat pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas menjadikan peserta didik di SMP NU Karangdadap mudah bosan dan sulit fokus. Sehingga pengembangan media permainan bahasa Arab board game Mihnatunaa dapat dijadikan salah satu media untuk memudahkan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan baik mandiri maupun berkelompok. Rumusan masalah penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana pengembangan board game sebagai media pembelajaran bahasa Arab materi al mihan kelas VIII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana penilaian para ahli terhadap board game sebagai media pembelajaran bahasa Arab materi al-mihan kelas VIII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan? 3) Bagaimana respon peserta didik terhadap dari board game sebagai media pembelajaran bahasa Arab materi al-mihan kelas VIII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini termasuk pada jenis penelitan pengembangan/R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengemembangan ADDIE, Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran permainan bahasa Arab “The Board Game dikembangkan dibuat yang game Board .”هيا نتعلم أسماء المهن باللغة العربية Mihnatunaa menggunakan apk ponsel pintar Ibis Paint X dan Canva. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara angket/kuesioner dan dokumentasi. Board game Mihnatunaa yang telah dikembangkan memiliki beberapa komponen permaianan dalam satu box diantaranya papan permainan, kartu permaianan, pion pemain, koin dan buku panduan. Pada uji kelayakan yang dilakukan ahli media mendapatkan presentase kelayakan sebesar 93% kategori sangat layak dan penilaian dari ahli materi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 100% kategori sangan layak. Maka diperoleh presentase rata-rata dari para ahli sebesar 97% dengan kategori sangat layak. Selain itu board game ini mendapatkan presentase dari respon peserta didik sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penilaian yang diperoleh dari para ahli dan para peserta didik, dapat disimpulkan bahwa Board game Mihnatunaa layak digunakan sebagai media pembelajaran.
23SK2322087.00 | SK PBA 23.087 EVA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain