SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Pembelajaran Maharah Al Qira'ah Kelas V di MA NU Rowolaku Kajen Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam membaca teks Arab seperti kesulitan dalam membedakan huruf hijaiyyah. Sehingga siswa dalam membaca bacaan Arab belum sempurna dan kurang sesuai dengan intonasi dan makharijul huruf. Hal ini, menyebabkan guru bahasa Arab MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan dalam pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah menggunakan sebuah metode yang bernama metode tutor sebaya. Dimana Metode Tutor sebaya ini merupakan bimbingan belajar dimana yang memberikan bimbingan adalah teman satu kelasnya yang memiliki pengetahuan lebih dari yang lainnya. Dengan adanya metode tutor sebaya agar dapat mencapai tujuan dari pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah sendiri yaitu siswa mampu membaca teks Arab sesuai makharijul huruf, dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah kelas V di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah kelas V di MI NU Rowolaku kajen Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah kelas V di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah kelas V di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan teknik pengumpulan data meliputi, metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah di MI NU Rowolaku Kajen Pekalongan sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penerapan metode tutor sebaya. Dimana guru mempersiapkan tiga tahapan yaitu Tahapan Perencanaan Tahap Pelaksanaan dan yang terakhir yaitu Tahap Evaluasi. Adapun beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran mahᾱrah al-qirᾱ’ah menggunakan metode tutor sebaya diantaranya, bahan ajar, peserta didik, sarana dan prasarana, dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat yaitu, peserta didik, kemampuan siswa, dan suasana kelas.
23SK2322084.00 | SK PBA 23.084 NAB i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain