SKRIPSI PBA
Pembelajaran Nahwu Dasar Menggunakan Kitab 'Awamil Al Jurjaniy Bagi Mahasantri Pemula di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'ien Bojong Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian mahasantri Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien yang merupakan golongan santri pemula. Pembelajaran nahwu di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien ini sangat dibutuhkan, karena kurangnya pemahaman para mahasantri terhadap gramatikal Arab. Kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy ditulis menggunakan kosa kata berbahasa Arab yang cukup mudah dipahami khususnya bagi santri santri pemula. Pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al Jurjāniy ini tentunya bisa menjadi problem solving bagi mahasantri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. (2) Bagaimana hasil pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy. (3) Apa saja kendala pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan. 2) Untuk mengetahui hasil pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy. 3) Untuk mengetahui kendala pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data pokok dari penelitian ini adalah pengasuh, ustaż dan mahasantri pemula Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan, sedangkan data penunjang berasal dari ustaż dan gambaran umum lokasi penelitian. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy bagi mahasantri pemula di pondok pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Bojong Pekalongan terlaksana dengan baik dan efektif, karena sudah mencapai tujuan pembelajaran nahwu. Hasil pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy ini mahasantri pemula mulai bisa berlatih membaca kitab gundul dengan baik, mahasantri pemula juga berhasil mendapat nilai yang baik. Kendala pembelajaran nahwu dasar menggunakan kitab ‘Awāmil Al-Jurjāniy terbagi menjadi dua, yaitu: 1) Kendala bagi ustaż yaitu kurang profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar dan tempat pembelajarannya kurang nyaman. 2) Kendala bagi mahasantri pemula yaitu latar belakang pendidikan dari sekolah umum dan fasilitas pembelajaran yang kurang mendukung.
23SK2322081.00 | SK PBA 23.081 IRW p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain