SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Bernyanyi Lagu-lagu Anak Populer Terjemahan untuk Penguasaan Mufrodat Arab dalam Pembelajaran Kitab Aqidatul Awam di Madrasah Diniyah Al Ikhlas Gamer Pekalongan
Kendala pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas ini dikarenakan masih banyak anak didik yang sekolahnya berasal dari SD dan SMP yang mana belum memahami dan menguasai mufradᾱt Arab, anak didik yang masih kesulitan dalam penguasaan Bahasa yang ada dalam pembelajaran, dan kurang bersemangat karena pmbelajaran seringnya monoton dengan ceramah dan sorogan saja. Maka dari itu, guru menambahkan salah satu penggunaan metode pembelajaran tersebut dengan metode bernyanyi. Metode Bernyanyi adalah metode pembelajaran yang menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar anak dan memperdayakan anak didik untuk belajar lebih cepat, efektif, menyenangkan, sehingga materi akan lebih mudah dan daya ingatnya lebih kuat. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana implementasi metode bernyanyi pada lagu-lagu anak popular Indonesia ke dalam Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Gamer Pekalongan? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode bernyanyi untuk penguasaan mufrodat Arab pada anak di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Gamer Pekalongan? Adapun tujuan tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui implementasi metode bernyanyi pada lagu-lagu anak popular Indonesia ke dalam Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Gamer Pekalongan (2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan metode bernyanyi untuk penguasaan mufrodat Arab pada anak di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Gamer Pekalongan . Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses implementasi metode bernyanyi pada lagu-lagu anak terjemahan membuat perubahan yang cukup banyak, diantaranya yaitu anak-anak lebih bisa memperhatikan guru saat pelajaran, tidak mengantuk, lebih menyenangkan, tidak membosankan dan tambah semangat untuk belajar. Sedangkan, kelebihan metode bernyanyi untuk penguasaan mufrodᾱt Arab pada anak di Madrasah Diniyah Al-Ikhlas Gamer Pekalongan sebagai berikut: 1) Dapat membangkitkan semangat belajar para siswa karena suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan. 2) lebih komunikatif karena terjadi interaksi yang baik anak dan guru di kelas. 3) Daya ingat anak tentang mufrodat yang di lagukan lebih tahan lama. 4) Anak akan menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. 5) Dapat mengembangkan rasa humor, dan untuk kekurangannya yaitu: 1) Kelas akan menjadi ramai dan kurang kondusif. 2) Hasilnya akan kurang efektif pada anak yangpendiam atau tidak suka bernyanyi. 3) Membutuhkan banyak waktu. 4) kurang cocok jika diterapkan di kelas atas.
23SK2322080.00 | SK PBA 23.080 IAN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain