SKRIPSI PBA
Analisis Minat dan Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Menjadi Guru Bahasa Arab Berdasarkan Standar Kompetensi Guru
Dalam dunia pendidikan di Indonesia, masih banyak kekhawatiran tentang mutu dan kualitas guru yang masih rendah. Sebagai calon guru bahasa Arab, Mahasiswa PBA UIN K.H. Abdurrahman Wahid harus memulai untuk menyiapkan diri agar mampu menjadi guru bahasa Arab berdasarkan standar kompetensi guru. Dari segi minat menjadi guru bahasa Arab dan mempelajari materi-materi harus ditingkatkan, juga persepsi menjadi guru bahasa Arab yang masih kurang juga harus segera dibenahi. Mahasiswa PBA UIN K.H. Abdurrahman Wahid ini sudah memiliki minat yang cukup besar untuk menjadi guru bahasa Arab. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana minat mahasiswa PBA UIN K.H. Abdurrahman Wahid untuk menjadi guru bahasa Arab?. Bagaimana persepsi mahasiswa PBA UIN K.H. Abdurrahman Wahid untuk menjadi guru bahasa Arab berdasarkan standar kompetensi guru? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu Reduksi data, Penyajian data, Penarikan Kesimpulan. Subjek dari penelitian ini mahasiswa PBA angkatan 2019 dan 2020 dengan sampel 45 mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan persepsi mahasiswa PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid angkatan 2019 dan 2020 menjadi guru bahasa Arab berdasarkan standar kompetensi guru. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa minat mahasiswa PBA angkatan 2019 dan 2020 menjadi guru bahasa Arab dipengaruhi faktor internal yaitu disebabkan karena cita-cita dan hobi, serta perasaan suka dengan bahasa Arab itu sendiri. Pengaruh faktor eksternal, yaitu disebabkan karena terlanjur masuk jurusan PBA, pengaruh orang tua, dan kurangnya tenaga pendidik. Diketahui juga urutan jumlah mahasiswa PBA yang minat pada 4 maharah dari yang terbesar yaitu kalam, al kitabah, qira’ah, dan maharah istima’. Untuk tingkat kesiapan mahasiswa PBA UIN K.H. Abdurrahman Wahid menjadi guru bahasa Arab masih kurang dari setengah jumlah sampel yang dikategorikan siap menjadi guru bahasa Arab profesional. Sebagai calon guru bahasa Arab yang profesional harus memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam mengenai bidang bahasa Arab yang akan diajarkan kepada peserta didik dan metodologinya.
23SK2322079.00 | SK PBA 23.079 PUT a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain