SKRIPSI PBA
Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP NU Kajen Pekalongan
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya proses pembelajaran Bahasa Arab dengan guru berupaya untuk memberikan motivasi belajar supaya siswa giat dalam belajar Bahasa Arab. Sebelum itu peneliti melakukan observasi dan mewawancarai guru mata pelajaran Bahasa Arab yaitu Bapak Muhammad Sukisno, S.Pd. mengatakan bahwa nilai semester I rata-rata telah menacapai KKM, tetapi pembelajaran bahasa arab di SMP Nu Kajen masih menghadapi tantangan, satu di antaranya adalah motivasi belajarnya yang masih rendah. Siswa di SMP Nu Kajen yang mayoritas berlatar pendidikan SD. Karena itu, mereka mengalami kesulitan saat menjalankan aktivitas pembelajaran bahasa Arab. Siswa menyatakan bahwa mata pelajaran ini sulit dipelajari karena bukan bahasa pertama mereka. Akhirnya, siswa tidak ingin belajar karena terbebani. Ini menunjukkan rendahnya motivasi belajar mereka. Rumusan masalah dari penelitian ini ialah apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestaasi belajar bahasa arab siswa kelas VIII SMP NU Kajen Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestaasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP NU Kajen Pekalongan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NU Kajen Pekalongan Tahun Tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 143 siswa. Pengmbilan sampel melalui rumus Solvin sebanyak 34 siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar sebagai variabel bebas (x) dan prestasi belajar sebagai variabel terikat (y). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner), dokumentasi, dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMP NU Kajen dalam kategori Baik. Prestasi belajar yang dicapai siswa cukup baik terlihat dari adanya hasil analisis angket yang disebar menyatakan hasil prestasi baik dan juga diperkuat dari adanya nilai hasil belajar bahasa arab. Penelitian ini menyatakan bahwa motivasi belajar Bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nu Kajen Pekalongan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar, dimana peneliti terbukti dengan pengambilan data dengan cara melakukan observasi, dokumentasi, angket yang diolah dengan cara stimulasi. Dari hasil uji validitas peneliti menyatakan r hitung lebih besar dari rasa tabel dengan taraf signifikan 5% dari 40 item soal dengan 34 responden yaitu 0,339. Dari hasil uji normalitas diketahui nilai signifikan sebesar 0,956 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa bila residual berdistribusi normal. Kemudian untuk uji linieritas menunjukkan hasil yang diteliti yaitu 0,601 > 0,05. Sedangkan hasil uji hipotesis peneliti menggunakan uji t dan uji f. Dari hasil tersebut menjelaskan uji t terdapat nilai probabilitas signifikansinya yaitu 0,00 < 0,05 dan 5.771 > 1.691. Kemudian untuk uji f dijelaskan dari nilai signifikansinya yaitu 0,00 < 0,05 maka hipotesis diterima dan 33.309 > 1.691, maka hipotesis diterima. Kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak
23SK2322078.00 | SK PBA 23.078 MAT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain