SKRIPSI PBA
Efektivitas Penerapan Alat Permainan Edukatif Flash Card Talk And Dare Untuk Meningkatkan Maharah Kalam di Kelas XI SMA NU Al-Munawwir Gringsing
Mempelajari bahasa Arab di madrasah atau sekolah tidaklah suatu kegiatan yang baru dalam lembaga pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, siswa menganggap bahwa belajar bahasa Arab ialah suatu hal yang sukar baginya serta susah dalam pemahaman materi baik dari menghafalakan kosakata yang baru disampaikan oleh pengajar serta pengucapannya sulit karena siswa belum terbiasa dalam berbicara. Untuk meningkatan proses belajar mengajar dan mendapatkan hasil pembelajaran, seorang pendidik diminta mampu memberikan pembaharuan untuk menyajikan pembelajaran yang inovatif agar peserta didik termotivasi dan meningkatkan belajar siswa. Flash Card sering di istilahkan bithaqoh. Kartu yang digunakan pada saat pembelajaran menggunakan kertas karton, manila maupun yang lainnya. Terdapat berbagai bentuk dan model dalam kartu belajar, ada yang berbentuk bulat, persegi panjang, persegi empat dan berbentuk sejenisnya tergantung dari keinginan pembuatnya serta dengan desain yang menarik. Dalam meningkatkan kualitas dan mutu belajar siswa Sekolah Menengah Atas Al- Munawwir Gringsing terkait penyampaian materi dan untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran. Pada kegiatan belajar mengajar yang semula sekedar menerapkan metode mubasyaroh atau metode ceramah maka akan menginovasikan pembelajaran dengan penerapan alat permainan edukatif untuk meningkatkan siswa dalam belajar bahasa Arab terutama dalam maharatul kalam. Rumusan Masalah : Bagaimana Efektivitas Penerapan Alat Permainan Edukatif Flash Card Talk and Dare Untuk Meningkatkan Maharah Kalam di Kelas XI SMA NU Al-Munawwir Gringsing? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), ialah penelitian yang dilaksanakan secara langsung ditempat objek penelitian yang sedang diteliti. Pendekatan yang dilakukan menggunkan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pendekatan yang menggunakan data berupa kata-kata dan angka-angka atau metode statistic yang digunakan untuk hasil analisis. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis kelas eksperimen dan kelas control dengan Sig. (2-tailed) dari perhitungan uji Independent Sample T-test = 0,578. Maka nilai signifikan 0,578 > dari = 0,05 maka ditolak dan diterima, sehingga terdapat perbedaan dalam rata-rata yang signifikan antara pembelajaran dengan penerapan alat permainan edukatif flash card talk and dare dan yang tidak menggunakan permaian tersbut. Sehingga mampu disimpulkan bahwa penerapan alat permainan edukatif flash card talk and dare untuk meningkatkan maharah kalam bersifat efektif dan meningkat lebih dari sebelum penerapan treatment.
23SK2322077.00 | SK PBA 23.077 UZL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain