SKRIPSI PBA
Pengaruh Motivasi dan Kesiapan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang pada Mata Pelajaran Bahasa Arab
Penelitian ini dilatar belakangi sebagaian besar peserta didik di SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang berlatar belakang pendidikan SD dan masih banyak yang mengalami kesulitan ketika mengikuti kegiatan belajar bahasa Arab. SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang menyiasati hal terebut dengan menetapkan jam pelajaran bahasa Arab hanya 1 jam pelajaran dalam satu minggu untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar bahasa Arab. Dalam proses pemebelajaranya guru berfokus memperkenalkan mufrodat serta qowaid dasar agar peserta didik merasa termotivasi dan merasa siap dalam menerima pembelajaran bahasa Arab yang lebih lanjutan. Dari masalah yang ada peneliti akan menjawab bagaimana motivasi dan kesiapan secara parsial dan simultan belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang pada mata pelajaran bahasa Arab ? Kegunaan dari penelitian untuk mendes kripsikan motivasi dan kesiapan belajar didik kelas VIII SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang pada mata pelajaran bahasa Arab. serta mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan kesiapan secara simultan belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang pada mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif (ex-post facto) menggunakan pradigma ganda dengan dua variabel independen. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinearitas, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas data. Hasil perhitungan uji t pada variabel motivasi belajar di atas diketahui bahwa nilai t-hitung > t-tabel (3,445 > 1,998) dan signifika < 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil perhitungan uji t pada variabel kesiapan belajar diketahui bahwa nilai t hitung > t-tabel (3,594> 1,998) dan signifikan < 0,05 (0,001 < 0,05). hal ini berarti. Kebermaknaan ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan kesiapan secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang pada mata pelajaran bahasa Arab. Hasil perhitungan uji F pada di atas diketahui bahwa nilai F-hitung sebesar > F tabel (15,016 > 3,13) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Kebermaknaan ini yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan kesiapan secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Musthofa Taman Pemalang pada mata pelajaran bahasa Arab.
23SK2322074.00 | SK PBA 23.074 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain