SKRIPSI PBA
Pengaruh Metode Audio Lingual dalam Meningkatkan Maharah Kalam Bahasa Arab Siswea Kelas VII di MTS AN NUR Karang Junti Brebes
Pembelajaran bahasa Arab merupakan pembelajaran yang diterapkan di sekolah Madrasah Tsanawiyah An-Nur Karang Junti Brebes, khususnya pada kelas VII. Pada kelas VII pembelajaran bahasa Arab biasanya lebih dikonsentransikan pada kemahiran berbicara atau mah ̅rah kal ̅m. Akan tetapi masih banyak siswa merasa pembelajaran bahasa Arab sangat sulit di mengerti, sulit di pahami dan sulit dalam berbicara bahasa Arab. Dalam meningkatkan mah ̅rah kal ̅m, guru menggunakan metode audio lingual. Metode audio lingual sendiri telah digunakan di sekolah Madrasah Tsanawiyah An-Nur Karang Junti Brebes. Oleh karena itu peneliti akan mengkaji tentang “Pengaruh Metode Audio Lingual Dalam Meningkatkan Mah ̅rah Kal ̅m Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs An-Nur Karang Junti Brebes” Penelitian ini di buat untuk menjawab rumusan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana penerapan metode audio lingual dalam meningkatkan mah ̅rah kal ̅m ? kedua bagaimana pengaruh metode audio lingual dalam meningkatkan mah ̅rah kal ̅m ? tujuan penelitian ini yaitu agar mengetahui penerapan dan pengaruh metode audio lingual dalam meningkatkan mah ̅rah kal ̅m Bahasa Arab Siswa Kelas VII di MTs An-Nur Karang Junti Brebes. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis regresi linear sederhana dan dengan bantuan perangkat lunak microscoft word for spss 26. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Audio lingual di MTs An-Nur Karang Junti Brebes dapat meningkatkan mah ̅rah kal ̅m bahasa Arab, berdasarkan angket yang diberikan kepada 50 peserta didik. Seperti pada jawaban angket indikator 1 terdapat 11 peserta didik atau 22% yang memilih sangat sering diberikan tugas menghafal kalimat bahasa Arab, 23 peserta didik atau 46% yang memilih sering diberikan tugas menghafal kalimat bahasa Arab, 12 peserta didik atau 24% diberikan tugas menghafal kalimat bahasa Arab dan 4 peserta didik atau 8% yang memilih pernah diberikan tugas menghafal kalimat bahasa Arab. Metode audio lingual memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap meningkatkan mah ̅rah kal ̅m bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs An-Nur Karang Junti Brebes. Hasil penelitian dapat di ketahui berdasarkan data penelitian menggunakan angket kemudian dinalisis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil pengelola data dengan uji signifikansi dan uji regresi linear sederhana di peroleh hasil nilai t 2,888 lebih besar dari t tabel 2,011. Pada hasil nilai signifikansi 0,006 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukan hipotesis alternativ (Ha) di terima. Jadi metode audio lingual menunjukan adanya pengaruh terhadap peningkatan mah ̅rah kal ̅m
23SK2322072.00 | SK PBA 23.072 ANN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain