SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Mimicry-Memorization melalui Media Gambar dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab di Kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan
Bahasa memiliki peranan penting dalam kehidupan, maka bahasa menjadi salah satu potensi yang perlu dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran bahasa Arab dalam dunia pendidikan seringkali dianggap sulit dikalangan pelajar. Penggunaan metode dan media yang tepat dalam mempelajari mufradāt bahasa Arab dapat meminimalisir kesulitan peserta didik dalam mengingat ataupun menghafal kosakata baru. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti di MIS Kertoharjo Pekalongan, dalam proses pembelajaran bahasa Arab menerapkan metode mimicry-memorization dan media gambar untuk membantu peserta didik dalam menghafal mufradāt.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana perencanaan dari penerapan metode Mimicry-Memorization melalui media gambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan? (2) bagaimana pelaksanaan dari penerapan metode Mimicry-Memorization melalui media gambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan? (3) bagaimana hasil evaluasi dari penerapan metode Mimicry-Memorization melalui media gambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian ini yaitu (1) perencanaan penerapan metode Mimicry- Memorization melalui media gambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan yaitu guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab menyusun silabus dan RPP. (2) pelaksanaan penerapan metode Mimicry- Memorization melalui media gambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan yakni melalui tiga tahapan kegiatan (kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup). (3) evaluasi penerapan metode Mimicry-Memorization melalui media gambar dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab di kelas V MIS Kertoharjo Pekalongan berupa tes lisan dan tes tertulis.
23SK2322062.00 | SK PBA 23.062 NUR p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain