SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Assalam Kejene Randudongkal Pemalang
Penerapan metode bernyanyi MTs Assalam Kejene Randudongkal Pemalang yang digunakan dalam proses pembelajaran Mufradat bahasa Arab. Ketertarikan penulis terletak pada cara yang diterapkan untuk Hafalan mufradāt tidak seperti biasanya yang monoton, akan tetapi mengembangkan penguasaan mufradāt melalui Metode bernyanyi yang sesuai klasifikasi tema mufradāt yang diberikan. Mufrodat menjadi bahan utama untuk mempelajari bahasa Arab sehingga perlu adanya penekanan pada materi Mufrodat yaitu dengan menghafal Mufrodat menggunakan metode bernyanyi. Pada pembelajaran Mufrodat bahasa Arab siswa kelas VIII dibagi beberapa kelompok untuk menghafal Mufrodat. Dan peneliti Ingin mengetahui hasil pembelajaran siswa khususnya pada penguasaan Mufradat melalui Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII di MTs Assalam Kejene Randudongkal Pemalang, sebagai topik penelitian ini
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII di MTs Assalam Kejene Randudongkal Pemalang? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode bernyanyi pada pembelajaran Mufrodat siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Assalam Kejene Randudongkal Pemalang?.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: Satu orang guru bahasa Arab, dan 6 orang peserta didik kelas VIII MTs Assalam Kejene Randudongkal Pemalang. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penerapan metode bernyanyi dalam Pembelakaran Mufrodat bahasa Arab siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Assalam Kejene Randudongkal Pemalang menggunakan langkah-langkah yaitu, pendidik mengkondisikan peserta didik dengan membagikan kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 6-9 peserta didik. Kemudian masing-masing kelompok menghafalkan Mufrodat dengan lagu yang telah disepakati dalam satu kelompok tersebut. Sedangkan pendidik membimbing dan mengarahkan peserta didik agar lagu yang dipilih sesuai dengan Mufrodat yang telah ditentukan. Jika satu kelompok sudah hafal dapat dipresentasikan hari itu juga, namun jika belum ada yang hafal maka dipresentasikan pertemuan berikutnya. 2. Hasil pembelajaran siswa khususnya pada pembelajaran Mufrodat siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Assalam Kejene Randudongkal Pemalang. Adapun hasilnya yaitu mereka lebih mudah menghafalkan Mufrodat dengan metode bernyanyi dibandingkan yang biasa-biasa saja serta membantu mereka menjawab soal-soal yang tersedia di LKS. Namun ada sebagian siswa yang merasakan dengan adanya metode bernyanyi malah mempersulit hafalan Mufrodat karena kondisi kelas yang menjadi ramai dan tidak kondusif serta tidak semua soal di LKS terjawab dengan adanya hafalan Mufrodat. Sehingga hasil belajar siswa khususnya pada hafalan Mufrodat sangat baik, walaupun ada beberapa siswa yang kesulitan tapi tidak mempengaruhi secara keseluruhan.
23SK2322057.00 | SK PBA 23.057 KIK p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain