SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Ḥiwar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ath-Thohiriyyah Watusalam
Kemahiran berbicara merupakan salah satu kemahiran yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk meningkatkan kemahiran berbicara pada peserta didik, pendidik dapat menggunakan metode yang sesuai agar pembelajaran berjalan efektif. Salah satu metode yang dapat digunakan yakni metode ḥiwār. Metode ḥiwār merupakan cara menampilkan bahasa dalam pembelajaran bahasa Arab melalui percakapan. Sebagai upaya meningkatkan kemahiran berbicara siswanya, guru bahasa Arab kelas XI di MA Ath-Thohiriyyah Watusalam menerapkan metode ḥiwār dalam proses pembelajaran bahasa Arab.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode ḥiwār dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI di MA Ath-Thohiriyyah Watusalam? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode ḥiwār dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI MA Ath-Thohiriyyah Watusalam?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dari data primer meliputi guru bahasa Arab MA Ath-Thohiriyyah Watusalam dan murid kelas XI MA Ath-Thohiriyyah Watusalam. Adapun sumber data sekunder berupa dokumen-dokumen, jurnal, buku, hasil penelitian terdahulu dan sumber lain yang berkaitan dengan penerapan metode ḥiwār. Peneliti menggunakan teknik analisis data berdasarkan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ḥiwār di kelas XI MA Ath-Thohiriyyah Watusalam berjalan cukup baik. Penerapan pembelajaran dilakukan tiga tahap,yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun tujuan dari penerapan metode ḥiwār yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahasa Arab, meningkatkan keberanian siswa berbicara dalam bahasa Arab, melatih siswa berpikir kritis serta melatih siswa untuk terbiasa berbicara dengan bahasa Arab. Dalam penerapannya, metode ini mengajak siswa untuk belajar bahasa Arab dengan cara berdialog, di mana dalam penerapannya terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor yang mendukung penerapan metode ḥiwār meliputi meningkatkan minat siswa, membiasakan siswa berbicara dengan bahasa Arab,dan mendorong siswa aktif . Adapun faktor penghambat jalannya metode ḥiwār yaitu membutuhkan banyak waktu, kurangnya kepercayaan diri siswa, serta sulit menyesuaikan materi.
23SK2322055.00 | SK PBA 23.055 WIN p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain