SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Maharah Qira'ah pada Siswa Kelas XI di MAN 2 Kota Pekalongan
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi teknik menerjemahkan dengan metode komunikatif pada siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kota Pekalongan. Pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kota Pekalongan memakai metode pembelajaran yang monoton, yang menjadikan peserta didik bosan untuk mempelajarinya. Berkaitan dengan hal tersebut, maka pengajar harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi. Dalam proses tersebut tentunya tidak semudah yang dibayangkan oleh pengajar saat penyampaian materi, pada peserta didik juga dituntut untuk memahami materi secara mandiri dengan tingkat pemahaman setiap peserta didik yang berbeda-beda, apalagi tentang mata pelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, pengajar bahasa Arab menerapkan pembelajaran teknik menerjemahkan dengan menggunakan metode komunikatif ini sehingga membuat ruang gerak untuk peserta didik agar bisa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Metode komunikatif ini sangat membantu perkembangan peserta didik dalam mempelajari bahasa Arab khususnya dalam teknik menerjemahkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan dalam implementasi teknik menerjemahkan dengan metode komunikatif pada siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kota Pekalongan, (2) Mengetahui implementasi teknik menerjemahkan dengan metode komunikatif pada siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kota Pekalongan, dan (3) Mengetahui hasil evaluasi implementasi teknik menerjemahkan dengan metode komunikatif pada siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Kota Pekalongan.
Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Implementasi Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah merupakan suatu kegiatan yang disusun secara teratur dan diterapkan oleh pengajar berdasarkan atas beberapa aspek seperti keadaan peserta didik, keadaan sekolah, keadaan media serta alat yang akan digunakan. Perencanaan yang disusun bertujuan agar mengetahui kemampuan dari peserta didik dan pengajar serta dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. (2) Implementasi Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah pada Siswa Kelas XI di MAN 2 Kota Pekalongan Implementasi ini sejalan dengan apa yang dibutuhkan di sekolah karena melihat dari berbagai aspek antara lain: keadaan peserta didik, keadaan sekolah, keadaan media serta alat yang akan digunakan. Dari aspek ini menumbuhkan pengimplementasian menerjemahkan dengan metode komunikatif sehingga dalam hal ini diharapkan peserta didik dapat meningkatkan minat belajar, keaktifan, dan kekreatifitasan peserta didik dalam mempelajarinya. (3) Hasil evaluasi Implementasi Metode Komunikatif dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah ini berjalan dengan sesuai apa yang diinginkan dari semua pihak yang ada di dalamnya termasuk pengajar dan peserta didik. Dalam hal ini manjadikan peningkatan untuk peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
23SK2322051.00 | SK PBA 23.051 VIN i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain