SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Make A Match Pada Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah Tholabuddin Warungasem Batang
Penelitian ini dilatar belakangi karena beragamnya problematika yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, salah satunya adalah minimnya penguasaan mufrada>t atau kosakata bahasa Arab. Hal ini disebabkan karena beragamnya latar belakang pendidikan siswa, selain itu metode yang digunakan oleh guru juga kurang bervariasi dan kurang menarik perhatian siswa. Maka dari itu seorang guru harus selektif memilih metode yang tepat. Salah satu metode yang tepat dalam pembelajaran mufrada>t adalah metode make a match. MTs Tholabuddin Warungasem Batang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode make a match pada pembelajaran mufrada>t.
Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode make a match serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode make a match pada pembelajaran mufrada>t di MTs Tholabuddin Warungasem Batang? Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode make a match pada pembelajaran mufrada>t serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan metode make a match di MTs Tholabuddin Warungasem Batang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di MTs Tholabuddin Warungasem Batang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran mufrada>t di MTs Tholabuddin Warungasem Batang adalah menggunakan metode make a match dengan memanfaatkan kartu-kartu gambar dan kartu mufrada>t-nya sebagai media pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu tes lisan dan tes tertulis. Faktor pendukung dari penerapan metode make a match diantaranya adalah: siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran, belajar sambil bermain dengan kartu atau mencocokkan pasangan, serta siswa lebih aktif dan semangat dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan metode make a match diantaranya adalah: latar belakang pendidikan siswa yang beragam serta kelas menjadi ramai dan gaduh.
23SK2322050.00 | SK PBA 23.050 FIT p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain