SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Mubsyarah (Metode Langsung) dalam Maharah Kalam Siswa Kelas VIII B MTs Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan secara langsung pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan, dimana banyak siswa yang belum maksimal dalam pembelajaran, hal ini terlihat ketika pendidik memberikan evaluasi harian realitas menunjukan bahwa yang menyebabkan rendahnya kemahiran berbicara siswa kelas VIII B MTs Salafiyah Paninggaran adalah kurangnya kosakata bahasa arab yang dikuasai oleh siswa, minimnya media yang digunakan oleh guru latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda dan juga lingkungan bahasa (bi’ah lughawiah) yang kurang mendukung. Hal ini menjadi fokus masalah bagi peneliti.
oleh karena itu peneliti melakukan penelitian mengenai Penerapan Metode Mub¯asyarah (Metode Langsung) dalam Maharah Kalam Siswa Kelas VIII B MTs Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan. dengan tujuan untuk mengetahui rumusan masalah : 1) bagaimana Penerapan Metode Mub¯asyarah (Metode Langsung) dalam Maharah Kalam Siswa Kelas VIII B MTs Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan, 2) apa kelebihan dan kekurangan Penerapan Metode Mub¯asyarah (Metode Langsung) dalam Maharah Kalam Siswa Kelas VIII B MTs Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Jenis dari penelitian ini adalah berbentuk penelitian lapangan, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan sebagai berikut: pertama Penerapan Metode Mub¯asyarah (Metode Langsung) dalam Maharah Kalam Siswa Kelas VIII B MTs Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan sudah berjalan dengan baik karena sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan, kedua terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penerapan metode Mub¯asyarah. Hal tersebut menjadi masukan bagi peneliti maupun guru untuk menjadi bahan koreksi pada pembelajaran bahasa Arab yang akan datang.
23SK2322047.00 | SK PBA 23.047 TRI p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain