SKRIPSI PBA
Implementasi metode Qiro’ah At Tarkibiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf dan Tahfidzul Qur’an Al Arifiyah Kota Pekalongan
Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf dan Tahfidzul Qur’an Al Arifiyah Kota Pekalongan masih ditemukan santri yang belum mampu membaca teks Arab. Hal ini karena perbedaan latar belakang pendidikan dan usia santri. Bagi santri yang pernah belajar membaca teks Arab akan terlihat mampu mengikuti proses pembelajaran. Namun juga masih ada santri yang tidak memiliki dasar pengalaman membaca teks Arab. Selain itu, proses penerjemahan teks Arab berdasarkan penyampaian kosakata pada awal pembelajaran masih perlu adanya pendampingan. Hal ini karena kebanyakan santri masih belum bisa menyesuaikan sistem tata letak bahasa Arab ketika sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Oleh karena itu, pengajar menetapkan metode Qiro’ah At Tarkibiyah sebagai upaya menangani permasalahan tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian disini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Metode Qiroah At Tarkibiyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf dan Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Pekalongan? 2) Apa Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dari Implementasi Metode Qiroah At Tarkibiyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf dan Tahfidzul Qur’an Al-Arifiyah Pekalongan?
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field Research), teknik pengumpulan datanya dengan melakukan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan di dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitiannya implementasi metode qiro’ah at tarkibiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf Dan Tahfidzul Qur’an Al Arifiyah Kota Pekalongan sudah terlaksana dengan baik. Namun perlu adanya perbaikan dalam perencanaan pembelajaran bahasa Arab yang mana belum melaksanakan perencanaan secara administrasi agar sesuai dengan prosedur pembelajaran yang baik dan benar. Faktor pendukungnya adalah dukungan orang tua, minat belajar santri, persiapan pengajar dalam perencanaan pembelajaran yang matang, proses penyampaian materi yang baik, kemampuan santri, sikap sopan santun, keaktifan dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya santri yang belum mengenal huruf hijaiyah, masih adanya beberapa santri meremehkan metode penyampaian materi oleh pengajar di kelas, waktu pembelajaran disore hari menjadikan santri sudah kehabisan tenaga setelah sekolah, masih ada beberapa santri yang masih malu-malu ketika diberi kesempatan untuk bertanya atau mengeluarkan suara.
23SK2322046.00 | SK PBA 23.046 SYA i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain