SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Ular Tangga Ajaib Pada Materi I’rāb Siswa Kelas VII di MTs Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi I’rāb dikarenakan suasana pembelajaran yang monoton. Pembelajaran dilakukan dengan penjelasan tradisional oleh guru kelas, sehingga siswa kurang aktif dan merasa kesulitan dalam memahami materi. Oleh karena itu penggunaan media ular tangga ajaib menjadi jawaban atas permasalahan karena dapat menghidupkan suasana pembelajaran dan keaktifan siswa dalam berdiskusi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pegembangan media pembelajaran ular tangga ajaib pada materi I’rāb siswa kelas Vll MTs Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana efektivitas penggunaan media ular tangga ajaib pada materi I’rāb siswa kelas Vll di MTs Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan? (3) Bagaimana hasil validasi ahli materi dan ahli media terhadap media ular tangga ajaib pada materi I’rāb siswa kelas Vll di MTs Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan?.
Tujuan penelitian ini untuk mencari tahu pengembangan media ular tangga ajaib pada materi I’rāb siswa kelas VII dalam mencapai efektivitas pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan ini yang dilakukan oleh peneliti adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media.
Hasil analisis data yaitu (1) Proses pengembangan media ular tangga ajaib yang dikembangkan oleh peneliti menghasilkan media pembelajaran pada materi I’rāb yang berbentuk permainan ular tangga dengan mengikuti tahap ADDIE memberikan hasil yang bagus dalam pembelajaran (2) hasil lembar angket efektivitas diperoleh dengan skor 651 dari skor total 720 dengan presentase 90,4% dengan kategori sangat kuat. (3) hasil validasi ahli materi dan ahli media diketahui bahwa tingkat kelayakan media ular tangga ajaib adalah sangat layak dan siap digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan dengan hasil validasi media sebesar 97%, ahli materi sebesar 87% dan 93% .
23SK2322045.00 | SK PBA 23.045 SHI p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain