SKRIPSI PBA
Peran Penulisan Arab Pegon dalam Pembelajaran Kitab Kuning pada Maharah Kitabah Santri Pondok Pesantren Ishlahuth Tholabah Banyurip Ageng Kota Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan secara langsung mengenai peran penulisan arab pegon dalam pembelajaran kitab kuning pada mahārah kitābah santri Pondok Pesantren Ishlahuth Tholabah Banyurip Ageng Kota Pekalongan dalam pembelajaran kitab kuning,kegiatan menulis arab pegon terdapat dalam pembelajaran kitab kuning yang dilaksanakan dengan metode bandongan dan sorogan, kedua metode tersebut merupakan metode utama dalam pembelajaran kitab kuning dipondok pesantren, Kegiatan menulis arab pegon pada pembelajaran kitab kuning berdasarkan kaidah menulis arab pegon, kendala dalam menulis arab pegon adalah kurangnya pemahaman kaidah penulisan, latar pendidikan santri sebelumnya, dan aspek fisiologis yang mempengaruhi santri dalam menulis arab pegon. kegiatan menulis arab pegon dalam mahārah kitābah termasuk kedalam kategori imlā’ al-istimā’, dimana penulisan arab pegon dilakukan dengan mengamati dan mendengarkan pelajaran.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran penulisan arab pegon dalam pembelajaran kitab kuning pada maha>rah kita>bah di Pondok Pesantren Islahuth Tholabah Banyurip Ageng Kota Pekalongan? (2) Apa saja kekurangan dan kelebihan penulisan arab pegon dalam pembelajaran kitab kuning pada maha>rah kita>bah di Pondok Pesantren Ishlahuth Tholabah Banyurip Ageng Kota Pekalongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer ialah ustadz dan santri Pondok Pesantren Ishlahuth Tholabah dan sekunder berupa buku, jurnal dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut: pertama pembelajaran kitab kuning dalam mahārah kitābah sudah sesuai dengan metode pembelajaran pada santri sehingga memudahkan santri memahami maupun menulis aksara arab pegon sesuai dengan kaidah penulisan, kedua terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan pada metode pembelajaran, namun kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran tersebut dapat saling melengkapi, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
23SK2322043.00 | SK PBA 23.043 AHM p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain