SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Muṭala’ah Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas XI MA Ma’arif Bawang Banjarnegara
Kosakata adalah salah satu hal penting dalam mempelajari bahasa Arab. Kualitas berbahasa seseorang bergantung pada kuantitas dan kualitas kosakata yang dimilikinya. Sesuai dengan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan, siswa MA Ma’arif Bawang dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab masih kurang menguasai terutama dalam memahami teks bacaan dan membacanya. Hal tersebut diperkuat oleh penjelasan guru pengampu bahwa nilai siswa kelas XI kebanyakan belum mencapai KKM yang ditentukan. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Implementasi Metode Muṭala’ah Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Kelas XI MA Ma’arif Bawang Banjarnegara.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi metode muṭala’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas XI MA Ma’arif Bawang Banjarnegara? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan metode muṭala’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas XI MA Ma’arif Bawang Banjarnegara?
penelitian ini merupakan jenis penelitiaaan field research atau penelitian lapangan yaitu peneliti memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi di lapngan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iplementasi metode muṭala’ah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab kelas XI MA Ma’arif Bawang banjarnegara berjalan dengan baik sesuai RPP yang telah dibuat oleh guru pengampu walaupun dalam hal waktu pembelajaran belum sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh Kementrian Agama. Adanya perencanaan sebelum pembelajaran, kemudian masuk dalam tahap pembelajarannya, pendahuluan, inti dan penutup dilakukan dengan sistematis. Selain itu untuk faktor pendukung implemetasi metode muṭala’ah adalah dari guru itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: latar belakang pendidikan siswa, sarana dan prasarana, serta lingkungan siswa itu sendiri.
23SK2322042.00 | SK PBA 23.042 VIN i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain