SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Muwakib” Berbasis Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Di MTs Yapensa Jenggot Kota Pekalongan
Pembelajaran pada zaman sekarang masih ada yang menggunakan metode ceramah dan membaca buku paket, padahal hal tersebut membuat sebagian besar peserta didik jenuh dan bosan dalam belajar. Hal tersebut jika tejadi terus menerus maka akan berdampak pada hasil belajarnya. Dalam hal tersebut pendidik ditekankan untuk membuat proses pembelajaran anak menjadi menyenangkan dan lebih semangat sehingga membuat nilai hasil belajarnya meningkat.
Rumusan masalah pnelitian ini yaitu (1) bagaimana pola pengembaangan media pembelajaran “muwakib”. (2) bagaimana hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi. (3) Bagaimana efektivitas media pembelajaran “muwakib”. Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui pola pengembangan prototipe produk pengembangan media pembelajaran “muwakib”. (2) Untuk mengetahui hasil validasi ahli media dan ahli materi media pembelajaran “muwakib”. (3) Untuk mengetahui efektivitas Media Pembelajaran Interaktif “muwakib”. pada Siswa Kelas VII Di MTs YAPENSA Jenggot, Kota Pekalongan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang mengusung proses pengembangan milik ADDIE dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas VII Di MTs YAPENSA Jenggot. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data berupa data proses pengembangan produk serta analisis data kelayakan produk yang dihasilkan.
Hasil penelitian uji kelayakan Media Pembelajaran Interaktif “MUWAKIB” berdasarkan penilaian (1) Ahli media memperoleh skor 96,36. (2) Ahli materi memperoleh skor 88. Adapun hasil belajar peserta didik pembelajaran bahasa arab tanpa menggunakan media dengan menggunakan media pembelajaran muwakib berbasis power point interaktif cukup signifikan, rata-rata nilai peserta didik tanpa media pembelajaran yakni 39,2 sedangkan nilai rata-rata peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran muwakib berbasis power point interaktif yakni 98,8, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran muwakib berbasis power point interaktif lebih baik dan efektif dari pada peserta didik dalam pembelajaran tanpa menggunakan media. Yang mana artinya media baru jauh berpengaruh baik terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
23SK2322040.00 | SK PBA 23.040 MUH p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain