SKRIPSI PBA
Metode Pembelajaran Bahasa Arab Mahārah Al-kālam Dengan Metode Audiolingual Di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Ketertarikan peneliti dalam mengkaji judul penelitian ini adalah dikarenakan, adanya kelebihan dan kekurang dari setiap metode pembelajaran Bahasa yang ditimbulkan khsususnya dalam penerapan Metode AudioLingual, hal tersebut tentunya akan memberikan dampak positif dan negative bagi setiap pembelajar Bahasa Asing khususnya peserta didik di Mts Ma’arif Karanganyar yang mana latar belakang dari setiap peserta didik berbeda-beda. Selain dari pada itu, potensi guru didalam menyampaikan materi pelajaran juga diwajibkan untuk memenuhi kriteria dari guru professional. Didalam praktiknya pengajar Bahasa Arab di MTs Ma’arif Karanganyar cukup memenunhi kriteria dari guru professional akan tetapi kurang memanfaatkan penggunaan media pembelajaran multimedia dikarenakan tidak adanya dukungan atau fasilitas sekolah yang cukup mendukung.
Dalam penelitian ini merumuskan 2 tujuan yakni, pertama, untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran yang digunakan di MTs Ma’arif Karanganyar, kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari penggunaan metode audiolingual yang diterapkan di MTs Ma’arif Karanganyar Kabupaten Pekalongan.
Adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode berupa pengumpulan data seperti, observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data berupa analisis diskriptif kualitatif dan analisis komparatif.
Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwasannya, penggunaan metode AudioLingual yang diterapkan di Mts Ma’arif Karanganyar sudah biasa diterapkan oleh tenaga pendidik di sekolah, akan tetapi dalam penggunaan metode tersebut masih dinilai kurang efektif dikarenakan, pertama keterbatasan tenaga pendidik yang berkompeten dalam bidang Bahasa Arab, kedua, kurangnya sarana dan prasarana di MTs tersebut, dan tidak adanya seleksi masuk siswa kesekolah tersebut. Adapun faktor yang mendukung dalam penerapan metode tersebut adalah antusias nya siswa ketika guru mencoba menerapkan metode tersebut dengan menggunakan media sebagai alat bantu nya, akan tetapi hal tersebut sangat jarang diterapkan disekolah dikarenakan faktor penghambat seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai serta kurangnya tenaga pengajar Bahasa Arab yang berkompeten.
23SK2322039.00 | SK PBA 23.039 BAY m | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain