SKRIPSI PBA
Penerapan Permainan Vocabulary Catcher Dalam Pembelajaran Mahārah Kitābah Kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Ath-Thohiriyah Watusalam Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022
Permasalahan mahārah kitābah yang ada di MTs Ath-Thohiriyah Watusalam Pekalongan muncul dari unsur-unsur dan komponen yang saling bersangkutan diantaranya unsur guru, media, ruang kelas, dan siswa atau peserta didik yang memiliki peranan terhadap proses pembelajaran mahārah kitābah khususnya kelas VII B. Berikut alasan penulis memilih media vocabulary catcher antara lain, yaitu: permainan vocabulary catcher merupakan permainan yang paling efektif jika dibanding permainan-permainan yang lain jika diterapkan dalam mahārah kitābah terlebih untuk memfasilitasi aspek pertama dalam penguasaan kitābah yang nantinya juga berpengaruh terhadap aspek kedua dalam penguasaan kitābah. Dan permainan ini juga dapat memfasilitasi siswa MTs Ath-Thohiriyah Watusalam yang memiliki background anak santri, supaya dapat meminimalisir rasa kepenatan dalam pembelajaran.
Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan permainan vocabulary catcher dalam meningkatkan perkembangan mahārah kitābah kelas VII B MTs Ath-Thohiriyah Watusalam, Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Apa saja kelemahan dan kelebihan permainan vocabulary catcher dalam meningkatkan perkembangan mahārah kitābah kelas VII B MTs Ath-Thohiriyah Watusalam, Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan vocabulary catcher dalam meningkatkan perkembangan mahārah kitābah kelas VII B MTs Ath-Thohiriyah Watusalam, Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022 dan untuk mendeskripsikan kelemahan dan kelebihan permainan vocabulary catcher dalam meningkatkan perkembangan mahārah kitābah kelas VII B MTs Ath-Thohiriyah Watusalam, Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, display data atau penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama penerapan permainan vocabulary catcher dalam meningkatkan perkembangan mahārah kitābah kelas VII B MTs Ath-Thohiriyah Watusalam, Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022 sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan tabel rincian nilai pretest dan nilai posttest siswa kelas VII. Tabel berikut membuktikan bahwa yang semula tidak ada siswa dengan kategori nilai A setelah diterapkan permainan ini siswa yang mendapat kategori nilai A ada 1. Yang semula dengan kategori nilai B ada 7 anak menjadi 16 anak. Dan yang semula siswa dengan kategori nilai C ada 29 anak menjadi 19 anak. Untuk kategori K dari awal memang sudah tidak ada. Kedua, terdapat kelebihan serta kelemahan dalam penerapan permainan vocabulary catcher dalam meningkatkan perkembangan mahārah kitābah kelas VII B MTs Ath-Thohiriyah Watusalam. Hal tersebut menjadi masukan bagi peneliti maupun guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab untuk menjadi koreksi untuk pembelajaran yang akan datang.
23SK2322038.00 | SK PBA 23.038 AIN p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain